Minggu, 07 Februari 2010

PERSIAPAN PEMBUATAN BANK LAGU

Sebagaimana telah ditulis dalam posting sebelumnya, Paguyuban Dirigen dan Organis Paroki BMV Katedral Bogor (PDOPBKB) sepakat untuk membuat sebuah buku bank lagu. Buku itu berisi kumpulan lagu-lagu yang tidak ada di buku-buku Puji Syukur, Madah Bakti dan Jubilate. Buku Bank Lagu (BBL) itu akan disusun menurut tema (seperti dalam Puji Syukur atau Madah Bakti: masa adven, masa Natal, masa biasa, pembuka, persembahan, komuni, lagu untuk misa perkawinan, dan lain-lain). Buku tersebut kelak akan digunakan sebagai pegangan umat Paroki Katedral untuk mendampingi buku-buku resmi liturgi.

PDOPBKB membentuk tim penyeleksi yang dipimpin oleh Bapak A. Bambang Koryanto. Tim ini akan bekerja untuk memilah-milah lagu berdasarkan bobot dan nilai liturgisnya, temanya, dan sebagainya. Tentu saja tim akan berada di bawah arahan Pastor Paroki sebagai gembala.

Kita sepakat bahwa kita akan menerima apa pun keputusan tim bersama Pastor Paroki. Artinya, kita tidak akan menggunakan lagi lagu-lagu yang dinyatakan tidak liturgis untuk perayaan-perayaan Ekaristi di seluruh wilayah Paroki Katedral Bogor. Kita hanya akan menggunakan lagu-lagu yang sesuai dengan kaidah-kaidah liturgi Gereja Universal. Ini memang mengandung konsekuensi bahwa kita berseberangan dengan keputusan beberapa keuskupan atau paroki lain yang masih memberi toleransi untuk penggunaan lagu-lagu yang tidak punya bobot liturgis.

Untuk persiapan pembuatan bank lagu, PDOPBKB mengumpulkan lagu-lagu dan menyerahkannya kepada tim lewat Sekretariat Paroki. Tahap pertama pengumpulan lagu-lagu akan ditutup tanggal 14 Februari 2010. Kegiatan pengumpulan lagu-lagu akan terus dilakukan sesudahnya.

Semoga dengan pembuatan bank lagu tersebut liturgi di Katedral Bogor akan menjadi lebih agung, meriah, khidmat, bermutu dan terpuji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar