Senin, 01 Maret 2010

PERTEMUAN FEBRUARI 2010

Pada Minggu, 28 Februari 2010 pk 11.00-13.00 diadakan pertemuan PDO-BMV. Tema yang diangkat oleh Bapak T. Marhadi sebagai koordinator bidang pelatihan PDO-BMV adalah Persiapan Pekan Suci.

Secara umum dikatakan bahwa karena perayaan-perayaan liturgi selama pekan suci sudah menjadi rutin, ada kecenderungan untuk tidak terlalu serius mempersiapkannya. Padahal, perayaan pekan suci, yang berpuncak pada perayaan Paskah, merupakan inti dari iman Kristen. Dari peristiwa kebangkitan itulah iman Kristen berasal. Karena itu, musik liturgi pekan suci harus dipersiapkan dengan sangat serius. Dirigen, organis, pemazmur, semua anggota koor dan siapa pun yang terlibat dalam liturgi itu harus mempersiapkan diri jauh-jauh hari sebelumnya.

Di seluruh wilayah dan lingkungan Paroki Katedral sudah ada patokan-patokan yang wajib diikuti. Misalnya saja tentang nyanyian-nyanyian tanpa iringan alat musik (a capella), yaitu sesudah lagu Kemuliaan pada Kamis Putih sampai dengan sebelum Kemuliaan pada Malam Paskah. Ditiadakannya iringan alat musik ini memang merupakan tradisi Gereja... Gereja ingin menyatukan diri dengan sengsara Kristus.

Pelatihan ini diikuti oleh sekitar 25 peserta. Yang menggembirakan adalah hadirnya lebih banyak anak muda dalam pertemuan ini. Kita tidak tahu apakah para dirigen yang lain dapat bergabung dalam pertemuan-pertemuan berikutnya. Kiranya baik kalau para dirigen yang sudah "senior" atau memandang dirinya "lebih" dapat membagikan ilmunya kepada yang muda-muda. Tentu sangat disayangkan bahwa banyak dirigen di Paroki Katedral yang tidak mau terlibat dalam paguyuban ini. Semoga di lain kesempatan mereka dapat bergabung dan memberikan apa yang terbaik untuk dapat mendukung kemajuan musik liturgi di Katedral BMV Bogor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar