Selasa, 16 Maret 2010

KOOR BMV PAROKI KATEDRAL BOGOR

Gagasan untuk memiliki sebuah koor paroki di Paroki BMV Katedral Bogor sudah lama ada. Pro-kontra mengiringi gagasan itu. Yang setuju berpendapat bahwa sebuah paroki selayaknya memiliki sebuah koor yang dapat mewakili semua kelompok koor yang ada, menjadi model atau contoh dan menjadi tempat berkumpulnya para anggota koor dari berbagai kelompok untuk belajar bersama dan akhirnya membawa ketrampilan dan pengetahuannya kepada kelompok koor masing-masing. Yang tidak setuju berpendapat bahwa sudah terbentuk cukup banyak kelompok koor di Katedral Bogor; yang diperlukan hanya memaksimalkan pembinaannya... selain itu ada kekawatiran bahwa keberadaan koor baru akan mematikan atau melemahkan koor-koor yang sudah ada.

Setelah muncul dalam rupa koor gabungan yang dirintis Bapak Thomas Sunarno sekitar tahun 1999-2003, lama kelamaan koor gabungan makin mewujud dalam kelompok yang diimpikan. Selama beberapa tahun, koor gabungan ini bertugas untuk peristiwa-peristiwa besar seperti Penutupan Sinode Keuskupan, tugas Misa Natal dan lain-lain. Pada tahun 2007 koor paroki mewakili koor-koor Katedral dalam Lomba Paduan Suara antar paroki tingkat keuskupan Bogor yang diselenggarakan di Katedral BMV Bogor. Dalam lomba itu koor Katedral Bogor tidak mendapatkan peringkat juara, namun kehadirannya sudah merupakan sinyal positif untuk pembentukan koor paroki yang lebih solid dan baik.

Dukungan Pastor Paroki, RD Benyamin Sudarto, serta Bapak Michael Agus Muhardi, ketua Seksi Liturgi, yang cukup besar akhirnya mampu melahirkan koor Paroki yang diberi nama Koor BMV (Beatae Mariae Virginis). Sejak Desember 2008, koor ini memiliki kepengurusan yang lebih lengkap. Sebagai ketua atau koordinator ditetapkan: Bp Thomas A. Sutadi (Exultate), dan wakil ketua: Ibu Monic (St Matius Bogor Baru). Untuk melatih koor BMV, Seksi Liturgi mempercayakan pada Bapak Tarcisius Marhadi. Beliau sekaligus menjadi dirigen dan kadang-kadang dibantu oleh Bp Thomas. Mbak Myrna dan Mbak Sheila dipercaya untuk mengiringi dengan organ untuk latihan dan tugas-tugas.

Koor BMV saat ini beranggotakan sekitar 35 orang; mereka berasal dari berbagai kelompok koor di Katedral BMV Bogor: St Caecilia, Exultate, St Lucia, St Gregorius, St Benedictus BSI, St Matius Bogor Baru, St Theresia Bogor Raya Permai, Wilayah Bojonggede, dan sebagainya. Latihan diadakan setiap Sabtu malam, pukul 20.30-22.00 (sesudah latihan Exultate) bertempat di Katedral BMV. Koor BMV masih mengundang siapa pun juga untuk terlibat dan bergabung. Semoga dengan partisipasi semua kelompok koor di Katedral Bogor, paroki kita memiliki koor yang dapat menjadi patokan dan tempat berlatih untuk semua... Ad maiorem Dei gloriam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar